Main image

Tuesday, July 05, 2011

backpacker batu raden , jogja , keraton kasepuhan cirebon

Klo yang lalu-lalu saya travel selalu rombongan dan ada EO nya kali ini saya coba tuk melepas diri...(''cieee bahasa apa nih melepas diri"). ga tanggung - tanggung , 4 hari 3 malam booo
Perjalanan dimulai hari rabu sore 22 juni 2011 dari agen bus depan terminal cilegon..jeng..jeng..lanjut..pesen tiket jurusan purwokerto 65 rb (kelas ekonomi) berangkat jam 17.00..sampai puwokerto jam 5.30,cari mesjid tuk sholat subuh trus hunting sarapan.
Lanjut..tanya sono sini tujuan baturaden..untuk sampai sana saya harus naik angkot 2 kali . tujuan pertama sukses “Baturraden" I’m Coming heheheh..

Disini sebenernya biasa ajah destinasi nya ..menurut saya sih ga istimewa banget…tp lumayan bagus juga lah...ga seperti yang saya bayangkan saat browsing. Karena badan kerasa lengket ,saya kudu coba mandi air panas disana…wuuiiihh seger juga.

Lanjut…abis mandi kayaknye enak banget nee minum teh poci…sedappp..ga pake lama disana jam 13.00 saya segera cabut dari sana langsung menuju banyumas,saya pengen mampir ke tempat temen,sbb kata orang tua rajin-2 silaturahim itu banyak manfaatnya ..bukan begitu ?? heheheh.. sebelum sampai banyumas saya sempetin tuk kuliner asli sana..saya icip dech soto sokaraja wow emang mantappp.

Lanjut…sampai banyumas jam 15.00…ga lama disana jam 17.00 , pamit lanjut ke jogja..naik bis ga tau merek nya apa..suwe temeeenn jalannya…sampai di jogja jam 23an.. wah dah mlm gini ga paham saya daerah jogja segera dech kontak dulur yang tinggal di daerah godean jogja tuk jemput saya di ps.giwangan ,mlm ini nginep disana…paginya saya muter-2 jogja ma dulur saya itu,ba’da jum’at saya pamit tuk segera meluncur ke Cirebon,saya bilang mau naik kereta ke Cirebon dianterin dech sampai stasiun tugu..
Lanjut…sampai stasiun tugu dulur saya pergi ,saya cari tiket ehh mahal boo paling murah 155rb ke Cirebon,pikir saya ga metal ahh backpacker pake kereta bisnis mending naik bis alias cari yg murmer heheh…yaudeh saya muter-2 jogja lagi sendirian ke ps.bringharjo,malioboro,benteng vredeburg..

Trus lanjut ke kampungnya pendiri muhammadiyah (kauman) eh ga terasa sudah waktu magrib…wah saya sampai lupa tuk cari bis ke Cirebon nih…cari warnet tuk cari info travel ke Cirebon ternyata dah pada penuh semua…kacaauuuu…jam trus berputar..wah saya bisa-2 nginep di jogja lagi nih,ini ga sesuai ma itin yg saya buat…ga putus asa cari info ke kaskus eh Alhamdulillah ada kaskuser yg baik hati dan tidak sombong ngasih info bahwa masih ada 1 bis lagi yg terakhir berangkat jam 22.00 dari terminal giwangan..nanya ma penjaga warnet katanya jgn ke giwangan dech nanti cegat di dongkelan ajah…wew..saya bilang mane tau ane dongkelan..kata panjaga warnet “tenang…. nti teman ane yg anterin ente ke dongkelan” (baik banget nih penjaga warnet),bener ajah ga lama temennye dateng cuman tuk anterin saya. Bener ajah ga pake lama bis CAL jurusan Cirebon nongol hehehe…akhir nya bisa sesuai itin juga nih(dalam hati).
Lanjut….sampai Cirebon jam 5.40..spt biasa cari masjid ma sarapan,lanjut explore Cirebon..destinasi berikutnya ke keraton kasepuhan Cirebon..

Ini namanya wisata budaya (menurut saya heheh) jadi nambah lagi pengalaman ma pengetahuan saya ttg cirebon ma sunan Gunung jati nya. oiya di cirebon saya ga lupa tuk icip nasi jamblang khas cirebon(lupa ambil gambarnya).

Lanjut..jam 12.00 saya akhiri explorasi kali ini, segera saya cari bis jurusan cilegon tuk back to home, dapat dech bis “sahabat”(harganya musti kudu tawar tawaran dulu gan..ane kena 50 rb). saya ga masuk terminal cirebon karena dari berbagai sumber yang saya dapat didlm terminal kurang nyaman, Nee bis gokil juga jalannya kadang ngebut ga karuan kadang jalannya merangkak kyk bayi hehehe ,sampai cilegon jam 22.00 hari sabtu tanggal 25 juni.
Hasilnya: banyak banget hikmah dari perjalanan ini buat saya ,dari mulai dapat temen baru sampai dpt kesimpulan korupsi emg dah sampe taraf paling mengkhawatirkan heheh masa mpe kondektur aje korupsi ….paraaahhh
Sekian Field Report kali ini, meski ga lengkap dan ga detail banget. Sorry juga kalo kepanjangan. Moga bermanfaat.

DC :
Bis jogja-cirebon : 70k
Tiket masuk kraton : 5k
Bis Cirebon – cilegon : 50k
Ada cost yg lainnya ga ane masukin krn sifatnya kondisional personal.