Main image

Sunday, September 10, 2006

Menjadi Guru ???

Bukan nya gak kreatif karena bikin postingan dengan judul yang sama dengan sobat saya ini yg cuman ditambahi tanda tanya doang,tapi karena memang menarik judulnya dan memang harus diangkat lagi untuk dibahas bersama yang diharapkan dapat memotivasi kita semua terutama para punggawa indico.

Seseorang disebut guru bila dia memiliki murid,tidak disebutkan berapa banyak muridnya, itu artinya bila hanya seorang pun yang mau belajar kepadanya maka sesungguhnya dia telah menjadi seorang guru.Tidak harus mengajar diruang kelas dengan suasana formal,tidak juga harus memiliki kepala sekolah atau menjadi PNS dulu baru dikatakan jadi "guru beneran".

Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam urusan dunia didik-mendidik. Dan ada hubungan yang kuat yaitu kualitas guru akan ikut mempengaruhi kualitas murid-muridnya.Salah satu parameter untuk mengukur kualitas guru antara lain penguasaan materi dan kemampuan dalam menyampaikan materi pada murid-muridnya.

Banyak kalangan menilai bahwa kualitas guru masih memprihatinkan. Faktor penyebabnya antara lain latar belakang pendidikan guru yang kurang memadai, kesejahteraan, serta rasa percaya diri kalangan guru itu sendiri dan keengganan untuk meningkatkan ilmunya (merasa sudah cukup “SAKTI” dengan yang sudah dimilikinya saat ini).

Seorang guru juga dituntut untuk mau belajar bukan hanya mengajar saja,termasuk didalamnya mempelajari bagaimana menjadi seorang guru yang memiliki kepribadian menarik. Karena, bagaimanapun 'guru juga manusia'. Dan, setiap manusia perlu memiliki kepribadian menarik. Dengan berkepribadian menarik, disadari atau tidak akan menjadi daya tarik bagi muridnya untuk tetap setia mengikuti pelajaran yang diberikan.

''Salah satu ciri budaya negara maju adalah tingginya budaya menulis".

Bagaimana dengan para punggawa indico ?

TANYA KEN APA ? ? ?

2 comments:

Sisca said...

Bang, msh terima murid gak ??? daftar dunk :)

Anonymous said...

postingan ini berguna untuk meningkatkan kualitas ku sebage seorang GURU. makasih atas masukannya...

hihihi... GR neh aku, tp emg bener berguna kok buat masukan :)

RSS Feed

Labels